Buka browser web dan melihat apakah Internet tersedia.

Untuk memecahkan masalah koneksi nirkabel, Anda dapat menggunakan GUI Windows atau CLI.
Pilih Mulai Koneksi> Control Panel> Network.
Double-klik pada koneksi jaringan nirkabel untuk menampilkan status.

Status Koneksi

Layar Status Connection menampilkan jumlah paket yang telah dikirim dan diterima

Dukungan Tab Status Koneksi

Perintah Ipconfig

Perintah Ipconfiq Tujuan
Ipconfiq / all Menampilkan konfigurasi penuh semua adapter jaringan
Ipconfiq / release Pers alamat IP dari sebuah adaptor jaringan
Ipconfiq / renew Memperbarui alamat IP dari sebuah adaptor jaringan
Ipconfiq / flushdns Mengosongkan cache yang menyimpan informasi DNS
Ipconfiq / registerdns Menyegarkan DHCP sewa dan re-register adaptor dengan DNS
Ipconfiq / displaydns Menampilkan informasi DNS dalam cache

Perintah Ping
Untuk mengkonfirmasi bahwa adaptor Anda bekerja dengan baik, ping NIC Anda.
– Pilih Start> Run> cmd.
– Pada command prompt, masukkan localhost ping.
Untuk mengkonfirmasi bahwa sambungan WAN Anda bekerja dengan baik, ping gateway default Anda.
– Temukan alamat untuk gateway default dengan menggunakan perintah ipconfig.
Untuk menguji koneksi internet dan DNS, ping website populer.
Tanggapan balasan dari ping menunjukkan atau yang meminta timed out karena ada masalah.

Perintah Tracert
Menelusuri rute yang mengambil paket dari komputer Anda ke alamat tujuan.
– Pilih Start> Run> cmd.
– Pada command prompt, masukkan tracert.
Daftar pertama di jendela untuk hasil tracert adalah gateway default Anda.
Setiap daftar setelah itu adalah router yang paket perjalanan melalui untuk mencapai tujuan.
Tracert akan menunjukkan kepada Anda di mana paket yang berhenti, menunjukkan di mana masalah yang terjadi.